Resiko Pinjaman Online Yang Akan Kita Hadapi

posted in: Keuangan | 0

 

Resiko Pinjaman Online

 

Saat ini ini cukup banyak aplikasi untuk pengajuan pinjaman dana yang bisa diajukan lewat smartphone kita atau yang biasa kita sebut dengan pinjaman online. Sebelum kita mencoba untuk mengajukan pinjaman online, ada baiknya kita mengetahui resiko dari pengajuan pinjaman melalui pinjaman online.

 

Pinjaman Online  Memberikan Bunga Tinggi

Salah satu resiko dari meminjam di Pinjaman online adalah bunga yang tinggi. Bahkan bisa dibilang sangat tinggi dibandingkan dengan tenor pinjaman yang sedikit. Malah ada yang tenor pinjamannya hanya 7 hari saja dengan bunga mencapai 30%.

Secara umum OJK memang tidak mengatur soal batasan bunga untuk pinjaman online. Besarnya suku bunga ini sepenuhnya diserahkan kepada perusahaan pinjaman online.

Namun perusahaan pinjaman online ini tentunya memiliki alasan tersendiri mengapa harus menerapkan bunga yang sangat tinggi. Salah satunya dikarenakan tingginya resiko GAGAL BAYAR dari para peminjamnya.

 

Pinjaman Online  Memberikan Limit Pinjaman Kecil

Resiko lainnya dari pinjaman online adalah Limit pinjaman yang kecil. Umumnya limit pinjaman yang diberikan di bawah 5 juta saja. Bahkan ada kebanyakan mendapatkan limit di bawah 1 juta.

Hal ini terjadi dikarenakan proses pencairan kreditnya yang sangat cepat dan mudah. Lain halnya dengan proses Pengajuan kredit ke Bank yang tidak sederhana. Akan tetapi bisa mendapatkan limit pinjaman yang cukup besar.

Bahkan dalam beberapa kasus pinjaman, nilai dana yang dicairkan sudah dipotong terlebih dahulu. Sehingga seandainya kita melakukan pinjaman sebesar 1jt, dana yang cair ke rekening hanya 700rb saja. Tentunya besarnya potongan tersebut berbeda – beda , tergantung kebijakan dari masing – masing aplikasi pinjaman online tersebut.

Data Pribadi di Pinjaman Online

Resiko lainnya dari pinjaman online adalah masalah keamanan data pribadi. Di saat kita memasang aplikasi pinjaman online ke smartphone kita, pasti aplikasi tersebut akan meminta beberapa izin untuk akses ke data – data pribadi di smartphone kita, Baik itu kontak, file pada hp kita, dan aplikasi pada smartphone kita.

Hal ini tentunya sangat berisko untuk keamanan data pribadi kita. Kita tidak akan pernah tahu hal apa saja yang aplikasi tersebut akes di smartphone kita.

Selain itu, pada saat mengajukan pinjaman pun, data – data pribadi seperti nama, alamat, nik, foto ktp, dan foto wajah kita pun akan diminta oleh pihak aplikasi. Tentunya hal ini bersiko dikarenakan data pribadi kita dipegang sepenuhnya oleh pihak pinjaman online tersebut

Pinjaman Online

Kesimpulan

Sebaiknya kita pertimbangkan lebih matang jika akan meminjam dana dari aplikasi pinjaman online. Dikarenakan tingkat suku bunga yang cukup tinggi. Perlu dipastikan bahwa kita sudah menghitung dana yang tersedia disaat pinjaman sudah jatuh tempo.
Selain itu akan lebih baik jika kita meminjam dari aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK.
Untuk mengetahui daftar pinjaman Online yang sudah terdaftar di OJK bisa di klik pada tautan berikut.

DAFTAR PINJAMAN ONLINE TERDAFTAR DI OJK