Memilih Pinjaman Online dengan Tepat

posted in: Keuangan | 0

Memilih Pinjaman Online

Saat ini terdapat lembaga keuangan selain perbankan yang menyediakan fasilitas pinjaman untuk masyrakat. Salah satunya adalah Pinjaman Online yang  yang disedikan oleh perusahaan Fintech alias Finansial Technology.  Perusahaan Fintech sudah  mulai menjadi bagian dari lembaga keuangan di Indonesia dari semenjak tahun 2016. Hingga saat ini sudah cukup banyak perusahaan fintech yang ada di Indonesia. Lalu Bagaimana caranya agar kita  dapat menentukan pilihan untuk pinjaman online kita? Berikut saya kan coba bahas tips memilih pinjaman online.

Perusahaan Pinjaman Online terdaftar dan diawasi OJK

Yang pertama perlu diperhatikan dalam memilih pinjaman online adalah pastikan bahwa perusahaan fintech tersebut terdaftar dan diawasi OJK. Karena OJK merupakan salah satu lembaga pemerintah yang mengawasi aktifitas lembaga keuangan Indonesia termasuk fintech. Hal ini dapat  memastikan perusahaan tersebut mematuhi seluruh regulasi dan peraturan pemerintah Indonesia.

Dengan diawasinya fintech tersebut oleh OJK,dipastikan bahwa data – data pribadi anda juga akan aman.

Untuk mengetahui daftar fintech yang terdaftar di OJK dapat dicek di website resmi OJK.

 

Pinjaman Online Memiliki Website dan Aplikasi yang Aman

Pastikan juga bahwa fintech tersebut memiliki website dan aplikasi yang aman. Websiter tersebut harus dipastikan memiliki beberapa langkah keamana, sehingga data – data nasabahnya tidak mudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini diperlukan untuk melindungi data – data nasabahnya.

Website dari fintech tersebut dipastikan harus lolos sertifikasi ISO Teknologii informasi dari lembaga berwenang dan lolos Audit

 

Pinjaman Online Harus Menyediakan Layanan Pelanggan

Selanjutnya, anda perlu memastikan juga bahwa fintech tersebu memiliki call center / layanan pelanggan yang mudah dihubungi. Hal ini diperlukan seandainya sewaktu – waktu anda memiliki masalah tentang pinjaman anda, anda bisa contact layanan pelanggannya secara  mudah dan cepat. Baik itu melalui telpon, email, chatting, atau website.

Umumnya Fintech abal – abal tidak memiliki layanan pelanggan, sehingga jika terdapat masalah, akan sulit untuk dihubung

i

Kantor Pinjaman Online Memiliki Alamat yang Jelas

Alamat yang jelas untuk perusahaan Fintech harus kita perhatikan juga. Kebanyaka dari perusahaan finteh abal – abal tidak mencantumkan alamat kantornya yang jelas. Sehingga jika kita ingin menyelesaikan permasalahan, kita tidak tau harus mendatangin ke kantor yang mana.

Fintech yang terdaftar di OJK sudah pasti harus memilik alamat yang jelas dikarenakan alamat kantor yang jelas merupakan salah satu persyaratan dari OJK.

 

Permintaan Akses Handphone

Sesuai peraturan OJK, perusahaan fintech hanya diperbolehkan untuk meminta akses di Handphone kita 3 hal, yaitu Camera, Microphone, dan Location  Jika pada saat pertama kali anda menjalankan aplikasi fintech di Handphone anda, dan meminta akses ke contact Handphone anda, saya sarankan segera tinggalkan fintech tersebut.

 

Bebang Bunga Maksimum Fintech

Secara umum, beban bunga maksimum Fintech memang tidak diatur oleh OJK. Namun beban bunga maksimum ini menjadi bagian kode etik dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Besarnya maksimum bunga yang diperblehka oleh AFPI adalah sebesar 0,8% / hari. Jika terdapat Fintech yang memberikan beban bunga lebih dari 0,8%/ hari, bisa anda laporkan ke AFPI

Asosiasi Pinjaman Online

 

KESIMPULAN

Sebaiknya hal – hal yang telah saya jelaskan di atas menjadi bahan pertimbangan anda disaat akan meminjam dana ke fintech / pinjaman online. Agar suatu saat anda tidak direpotkan oleh pihak – pihak yang tidak pertanggun jawab, terutama mengenai keamanan data pribadi anda.

Namun tentu saja saran terbaik adalah, usahakan supaya anda tidak perlu sampai meminjam dana. Anda bisa cukupkan pengeluaran anda sesuai pemasuka anda, sehingga anda tidak terlibat pinjaman manapun. Atau jika memang terpaksa, usahakan agar meminjam ke lembaga perbankan yang resmi. Untuk proses pengajuan kredit ke Bank dapat dicek disini.