PENGAJUAN KREDIT KE BANK

posted in: Keuangan | 0
Proses Pengajuan Kredit Ke Bank

Pengajuan kredit ke Bank adalah suatu tahapan yang dilakukan jika kita tidak memiliki sejumlah dana yang cukup untuk membeli sesuatu.

Terkadang kita menginginkan suatu barang seperti rumah, namun dana kita belum mencukupi untuk membeli rumah tersebut.  Salah satu solusinya adalah dengan bisa mengajukan kredit pembelian rumah ke Bank. Tentunya kita harus membayar sejumlah biaya dan bunganya. dan juga tentu saja dengan melalui Pengaturan keuangan yang baik. Bagi anda yang bingung apa yang dimaksud dengan Bank, bisa coba cek perngertian bank di wikipedia.

Untuk proses pengajuan kredit ke Bank, tentunya tidak bisa langsung instan. harus melalui proses yang cukup ribet, dikarenakan pihak bank juga harus melakukan analisa mendetail. Berikut adalah proses pengajuan kredit ke Bank :

Mempersiapkan Data
Data yang harus disiapkan adalah :
1. KTP
2. KK
3. Akta Nikah
4. NPWP
5. LAporan Keuangan (Untuk pengusaha)
6. Slip gaji & SUrat keterangan kerja (Untuk karyawan)
7. COpy rekening tabungan 3bulan atau 6bulan terakhir (Sesuai kebijakan masing – masing Bank)

Mengisi Form Permohonan Kredit
Setelah anda menyiapkan semua dokumen diatas, anda segera datang ke kantor cabang Bank yang ingin anda ajukan kredit, menghubungi bagian kredit untuk kemudian mengisi form permohonan kreditnya. Dokumen – dokumen diatas dilampirkan di formulir. Setelah itu pihak Bank akan memproses kredit anda sesuai alur pengajuan kredit internal perbankan. Lamanya proses pengajuan kredit biasanya tergantung dari kebijakan bank dan besarnya plafon kredit yang anda ajukan.

Akad kredit
Setelah keluar putusan kredit yang menyatakan anda telah disetujui kreditnya, maka anda tinggal menunggu surat penawaran kredit yang berisikan plafon yang disetujui, biaya, dan bunga. Lalu anda tinggal menunggu jadwal akad kredit yang diinformasikan oleh Bank

Pencairan kredit
jika akad telah selesai, maka dana akan dicairkan ke rekening pribadi anda dan di bulan berikutnya anda sudah mulai bisa mencicil kewajiban anda ke Bank tersebut. 

Selalu usahakan agar pembayaran cicilan ke bank tetap lancar dikarenakan track record kita terbaca di OJK.